--> Skip to main content
×

Metamorfosis Nyamuk


Metamorfosis Nyamuk

Metamorfosis Nyamuk - Nyamuk adalah serangga yang sudah semua orang tahu, serangga yang satu ini sering menggit manusia untuk meminum darahnya, bentuknya kecil tapi tidak mungil.

Bisa terbang ke langit tapi memberikan kerugian kepada manusia.Karena gigitan nyamuk dapat membuat gatal dan anda akan terasa terganggu,apabila saat waktu musim hujan.

Ada banyak sekali jenis nyamuk diantaranya ada nyamuk yang sangat berbaya yang harus cepat untuk di berantas seperti nyamuk aides aigepty,nyamuk gajah dan yang lain. 

Jika di gigit dapat membuat anda terkena demam berdarah lo, ngerikan. Maka dari itu kita perlu mempelajari metamorfhosis atau siklus hidup dari nyamuk agar bisa di cegah dari dini dan tidak menimbulkan kerugian pada manusia.

Fase Metamorfosis Nyamuk

Nyamuk masuk dalam kategori hewan serangga, nyamuk mengalami metamorfhosis sempurna, berikut adalah tahapan – tahapan dari daur hidup nyamuk yang perlu anda ketahui agar bisa di berantas dan dihilangkan sejak dini.

1.Fase Telur

Metamorfosis Nyamuk di awali dengan fase telur, telur nyamuk di hasilkan dari nyamuk betina kemudian telurnya di buahi oleh sang jantan. Pada saat nyamuk sedang bertelur akan menghasilkan telur yang sangat banyak sekali hampir 199 butir telur. 

Telur yang di hasilkan akan di tempatkan pada tempat lembab,tenang dan petang. Tapi jika airnya kering maka telurnya akan mati. Nyamuk akan menetaskan dirinya dalam waktu yang cepat sekitar 2-3 hari.

2. Fase Larva

Tahapan Metamorfosis yang kedua adalah larva, larva di hasilkan dari telur nyamuk yang sudah menetas. Biasanya orang menyebut dengan nama jentik-jentik. 

Seringkali di temukan pada tempat air yang menggenang, missal seperti saluran air , genangan air, air yang tidak dapat berpindah, dan masih banyak lagi. Fase jentik-jentik berlangsung 6-10 hari.

Baca Juga : Daur Hidup Belalang

3.Fase Pupa

Ini adalah siklus metamorphosis yang ketiga larva tadi akan menjadi sebuah pupa atau bisa di bilang kepompong yang sama di lakukan kupu-kupu. Pada fase pupa tumbuhnya tidak dapat bergerak hanya bernafas saja. 

Agar dapat menjadi nyamuk dewasa harus menunggu waktu lagi selama 11-12 hari, setelah itu perubahan wujud akan terjadi diantaranya muncul bulu bulu halus serta sayap.

4.Fase Dewasa

Fase yang paling terakhir adalah fase dewasa , setelah melewati masa kepompong, akan terlahir kembali dari wujud asli nyamuk yang sudah dewasa, dengan memiliki sayap dan bulu-bulu halus, nyamuk akan terbang untuk mencari energy atau bisa di bilang darah manusia.

Pada fase ini nyamuk sudah bisa melakukan reproduksi. Maka dari itu jangan sampai ada air yang menggenang untuk memberantas nyamuk sejak dini.

Baca Juga : Cara Merawat Ciblek Agar Rajin Bunyi

Berikut adalah metamorphosis nyamuk secara lengkap beserta penjelasanya, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan teman semua, kurang lebihnya saya minta maaf . Terimakasih Telah Membaca.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar