--> Skip to main content
×

Daur Hidup Belalang


daur hidup belalang

Daur Hidup Belalang - Pasti teman teman sudah mengetahui hewan yang satu ini, tubuhnya kecil mungil, loncatanya jauh dan dapat terbang apakah teman pembaca bisa menebak ? Ya Belalang . Belalang adalah hewan yang seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Anda bisa menemukan belelang di daerah berumput misal lapangan, lahan kosong, persawahan dan masih banyak lagi, teman sudah tahu belalang tapi teman apakah sudah mengetahui cara daur hidup belalang ? kalau belum mengetahui tenang saja karena pada artikel ini saya akan membahas daur hidup belalang secara lengkap.

Daur Hidup Belalang

Hewan Serangga Sebenarnya memiliki 2 jenis tahap daur hidupnya yaitu daur hidup sempurna dan tidak sempurna, Kalau hewan belalang ini masuk dalam jenis daur hidup yang tidak sempurna. Berikut Tahapan - Tahapan Daur Hidup Belalang.

1. Tahapan Stadium Telur

Tahapan yang pertama adalah fase telur, telur ini di hasilkan dari pembuahan dari sel telur belalang betina dan jantan. Biasanya telur yang telah di hasilkan dai proses pembuahan tadi akan di letakkan pada berbagai macam tempat bisa ada di batang pohon, dedaunan atau bisa di dalam tanah. Bentuk dari telur belalang sangat kecil sekali hampir sama dengan sebutir beras.

Di wilayah subtropis biasanya belalang sering kali meletakkan telurnya ada di bawah tanah. Di letakkan pada kedalaman 4 cm dari atas permukaan. Belalang melakukan ini agar telurnya tidak mengalami keurusakan, seringkali di sebabkan karena suhunya hambar pada saat hujan salju turun. Setiap telur akan menetas dengan waktu yang berbeda-beda hal in tergantung pada keadaan lingkungan nya, jika ada pada wilayah sub trpois perlu waktu masa dorman sampai berbulan – bulan , kalau wilayah trofis lebih cepat, Setelah Telur Menetas Menjadi Nimfa.

2. Tahapan Nimfa

Nimfa adalah tahapan yang kedua setelah telur, Nimfa merupakan belalang yang masih kecil dan belum memiliki alat reproduksi dan akup . Nimfa mengalami perubahan warna dari putih menjadi coklat atau hijau karena seringnya terkena sinar matahari, belalang masuk dalam fase nimfa sekitar 26-40 hari sebelum masuk fase belalang dewasa.

Saat masuk dalem fase nimfa belalang kecil akan makan daun-daunan untuk pertumbuhan belalang dan pergantian kulit nimfa sekitar 3-6 kali biasanya tergantung factor lingkungan. Selanjutnya akan masuk dalam tahapan belalang dewasa.

3. Tahap Belalang Dewasa

Dari fase telur kemudian fase nimfa dan yang terakhir adalah fase belalang dewasa, bisa dikatakan dengan belalang dewasa apabila belalang sudah memiliki sayap yang utuh dan lengkap sehingga bisa terbang, Dan Sistem Reproduksi sudah siap di pakai agar bisa menghasilkan telur belalang yang lain. Setelah itu belalang akan melakukan pembuahan bersama dengan belalang betina.

Berikut adalah daur hidup belalang secara lengkap kurang lebihnya saya minta maaf semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan teman semua, Terimakasih telah membaca.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar