--> Skip to main content
×

Peluang usaha budidaya ternak belut


Peluang usaha budidaya ternak belut


Peluang usaha budidaya ternak belut - saat ini namanya ternak bisa dibuat dengan media termasuk dari ikan belut.kalau dulu ikan belut itu dibudidayakan di kolam yang harus ada lumpur,akan tetapi sekarang tidak harus di kolam.


Tentu hal itu bisa menyebabkan petani yang memiliki lahan nya sedikit.nah syukur jika di zaman modern saat ini keterbatasan seperti lahan bisa diatasi dengan mudah.dengan menggunakan lahan yang kecil para peternak nanti bisa memanen usaha budidaya dari belut dengan jumlah yang sama besar seperti biasanya.


ternak belut dengan menggunakan media tong ataupun drum yang sudah dimodifikasi sehingga lingkungannya nanti menyerupai habitat asli dari belut. Hanya memerlukan beberapa langkah kecil dan di tambah bahan dari alam. Masalah dari ternak anda nanti bisa dimulai di tempat halaman rumah.


Budidaya dari ternak belut dengan menggunakan media tong


1. Persiapan dengan media drum ataupun tong bekas


menggunakan drum ataupun tong bekas menjadi pilihan yang digunakan untuk memulai usaha ternak belut.yang pasti siapkan terlebih dahulu tank yang terbuat nya dari plastik agar tidak bisa menimbulkan karat.akan tetapi bila atom itu dipakai adanya dari logam maka bersihkan terlebih dahulu tong lalu cat ulang untuk bisa menutup perkaratan dari tong tersebut.


setelah selesai dicat maka diamkanlah berapa hari sampai bau cat dari tong menghilang maka setelah itu siapkan juga baskom cangkul tandon ember kawat kasa untuk bisa menampung dari air dan jerigen.


Bila itu sudah selesai maka tidurkan tong lubangi di bagian atas tong untuk menyisakan sekitar 5 senti di bagian sisi kanan dan kiri.kemudian ganjal dari tong Anda agar tidak bisa menggelinding setelah itu lubangi untuk bisa membuat saluran pembuangan.


2. Persiapkan media lumpur untuk tumbuh belut


sangat dirasakan sekali dalam mengambil media tanah dari sawah dikarenakan punya unsur hara yang cukup banyak maka memasukkan terlebih dahulu tanah ke dalam tong hingga mencapai 40 cm.

langkah selanjutnya ialah dengan menyiram air namun tidak sampai air tersebut tergenang cukup medianya sampai becek saja.bila itu sudah dilakukan maka tuangkan 4 botol dan Atuk dua kali sampai tanah tersebut menjadi gembur.


3. Penyebaran bibit belut serta perawatannya


tahapan selanjutnya ialah melakukan penyebaran bibit belut setidaknya itu kita memasukkan 150 ekor belut dalam tong untuk perawatan selanjutnya ialah hanya dengan menggunakan pemberian pakan serta pengaturan air.


Untuk soal pakan belut yang sebenarnya tidak ada patokannya yang pasti. Akan tetapi anda cukup terbarkan sekitar 6% dari jumlah bibit.pakan yang bagus untuk belut ialah seperti cacing bekicot kemas ataupun ikan kecil yang itu sudah dicacah. Maka berikan juga pakan belut tepat di hari ketiga setelah melakukan penyebaran bibit.lakukan pemberian pakan di sore karena kebiasaan dari belut memiliki waktu makan sore dan malam hari.


Penutup


berikut adalah artikel saya kali ini dengan tema budidaya belut semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua kurang lebihnya saya mohon maaf terima kasih telah membaca.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar