--> Skip to main content
×

Cara Budidaya Ternak Lebah Madu Mudah


Cara Budidaya Ternak Lebah Madu Mudah


Cara Budidaya Ternak Lebah Madu Mudah - Usaha Ternak Lebah Madu dianggap banyak orang bahwa membuat peternakan lebah madu itu adalah sesuatu yang rumit dan memerlukan biaya besar. Menurut para peternak lebah, sebenarnya untuk membuat peternakan lebah itu tidak terlalu rumit amat.

Yang dibutuhkan di usaha budidaya lebah madu ialah pengetahuan sederhana tentang lebah Tersebut i. Terlepas itu, untuk membangun nya perlu modal utama untuk bisnis ini harus punya 35 kotak atau 100 kotak yang paling ideal.

Perbedaan Lebah Hutan dan Lebah Ternak?

Seekor Lebah Hutan dan juga Lebah Ternak,Lebah Hutan serta Lebah madu hutan sebenarnya jauh lebih ganas dari pada lebah yang biasa di ternak , sehingga lebah Tersebut lebih sulit diternkkan. Sampai saat ini masih sulit untuk budidaya jenis lebah ini.

Tapi, karena ini madu hutan, tentu kualitas madunya lebih bagus dari pada lebah madu ternak. Di karena kan Kadar airnya tinggi, yaitu 24%, sedangkan madu ternak hanya 21%.Kalau membaha khasiatnya jangan ditanya lagi, lebah madu hutan itu dihasilkan dari banyak jenis bunga dan tentunya terhindar dari pestisida. Berbeda dari lebah biasa.

tetapi hasil madu hutan sangat sedikit dan oleh sebab itu langka karena jumlahnya tidak sebanyak dari lebah ternak yang bisa dipanen setiap saat .

Cara Memilih Bibit bagus Lebah

Untuk Pemilihan bibit unggul dan bagus adalah hal yang sangat penting. Pilih ratu lebah mereka dengan usia 4 bulan sampai 1 tahun. Selain itu, pastikan juga jumlah telurnya yang mampu dihasilkan oleh sang ratu lebah itu banyak. Hal ini juga bisa dilihat dari madunya, larva lebah dan juga sifat lebahnya itu yang sangat agresif. Kalau iya, berarti itu bisa di bilang bibitnya bagus.

Bagaimana cara membuat calon ratu?

Anda lakukan hal ini Coba ambil larva yang baru menetas dan masukan lah kedalam sepotong royal jelly. Kemudian setelah masukkan royal jelly yang masih berisi larva tadi ke dalam sebuah kotak super. Kotak super berisi koloni koloni lebah yang jumlahnya 2 tingkat. Setelah itu, mari kita diamkan samapi 11 hari atau hingga lebahnya menjadi kepompong.

Setelah selesai, maka kita harus memindahkan calon ratu ini ke kotak yang berisi koloni lebah yang i tidak memiliki ratu. Nanti jika sudah 14 harian, kepompong tersebut akan diangkat menjadi ratu oleh koloninya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar