--> Skip to main content
×

Pengertian Jaringan Tumbuhan dan Ciri Cirinya


Pengertian jaringan tumbuhan dan ciri Cirinya


Jaringan tumbuhan tersusun oleh sel-sel yang membentuk sebuah jaringan.untuk awal dari pembentukan sebuah jaringan tumbuhan diawali dengan jaringan satu yaitu meristem. Jaringan meristem akan disajikan dalam kelompok yang berbeda-beda disebut juga dengan jaringan sederhana.


Pengertian jaringan tumbuhan


Jaringan sendiri sering berarti adalah sekelompok sel yang memiliki asal fungsi dan struktur nya itu sama secara khusus bisa dipelajari dalam ilmu histologi.


jaringan tumbuhan adalah sel-sel atau kumpulan sel yang tujuannya adalah membentuk suatu energi pada tumbuhan.jaringan tumbuhan beda dengan jaringan hewan disebabkan jaringan ini terdiri dari sel-sel meristem. Sedangkan teori sel hewan terbuat dari suatu analog sel-sel hewan.


Di dalam suatu jaringan ada tugas-tugas setiap jaringan itu dengan selnya. Jenis organisme yang biasanya bertalus seperti fungi jamur.organisme ini tidak punya perbedaan jaringan kalau pun mereka membentuk struktur yang sama seperti organ seperti tubuh buah dan sporofor.


Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan


Jaringan tumbuhan terdiri dari berbagai dua macam yaitu jaringan meristem ditambah dengan jaringan permanen saat dewasa berikut adalah fungsi nya :


Jaringan meristem


jaringan meristem adalah jaringan tumbuhan yang itu aktif dalam hal membelah jaringan ini letaknya di ujung akar yang biasa disebut dengan meristem apikal serta berbagai sel penyusunannya berdinding tipis penuh dengan vakuola relatif kecil dan protoplasma.


Ciri-ciri jaringan meristem antara lain


  1. Mempunyai nukleus yang besar

  2. Vakuoulanya pada tumbuhan kecil

  3. Memiliki sel yang tergolong kecil

  4. Soalnya sering berbentuk seperti sebuah kubus

  5. Banyak sekali mengandung zat sitoplasma


Jaringan permanen atau dewasa


Jaringan permanen yaitu jaringan yang tidak aktif lagi.hari ini jaringan pengalami diferensiasi jaringan dewasa terbentuk dari diferensiasi sel-sel meristem sekunder atau meristem primer.


Ciri-ciri jaringan permanen


  1. Di bagian selnya memiliki celah-celah ruang antar sel

  2. Ukurannya lebih besar dari jaringan jaringan meristem itu sendiri

  3. Tidak aktif dalam hal membelah diri


Penutup


berikut adalah artikel saya kali ini semoga dalam membacanya bisa menambah wawasan teman-teman lebihnya minta maaf terima kasih telah membaca jangan lupa untuk di share ke teman-teman semuanya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar