--> Skip to main content
×

7 Simbiosis Parasitisme Secara Lengkap

 7 Simbiosis Parasitisme Secara Lengkap





Simbiosis parasitisme yaitu hubungan yang terjadi antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Namun dalam hal ini satu pihak itu pasti rugi dan satu pihak itu pasti untung.

artinya adalah satu makhluk hidup bisa bermanfaat atau diuntungkan sedangkan di sisi lain pasangannya akan dirugikan. Untuk lebih jelas akan saya beri contoh.


Simbiosis nyamuk dengan manusia


Nyamuk sendiri adalah serangga pengganggu yang sering kita jumpai di rumah. Nyamuk akan menggigit atau pun mencatat dari tubuh manusia. Bahkan ataupun Nyamuk yang menyebabkan penyakit mematikan yaitu demam berdarah.

Keuntungan yang didapatkan nyamuk adalah mendapatkan darah yang digunakan sebagai tempat berkembang biak.sedangkan manusia hanya bisa dirugikan saja terus kena serangan penyakit demam berdarah atau malaria yang mematikan.

Simbiosis manusia dengan cacing pita


Cacing pita bisa hidup di tubuh dengan memakan makanan yang didapatkan dari sari-sari makanan manusia secara gratis yang membuat cacing pita lebih besar di tubuh.

keuntungan yang didapatkan dari cacing pita adalah punya tempat tinggal terus ditambah dengan makanan gratis. Sedangkan dari manusia cacing pita adalah penyakit yang disebut dengan 
Taniasis.


Simbiosis kutu dengan hewan lain


kutu adalah organisme yang tubuhnya sangat kecil kutu bisa menerima makanan dengan menghisap darah dari makhluk hidup yang lain.hubungan antara hewan seperti sapi dengan kutu adalah contoh dari simbiosis parasitisme.

keuntungan yang diperoleh dari kutu bisa mendapatkan tempat berlindung serta makanan sedangkan hanya kerugian yang didapatkan sapi dikarenakan gigitan kutu yang membuat gatal-gatal.

Baca Juga : 5 Contoh Hewan Molusca Secara Lengkap

Simbiosis kutu dengan manusia


kutu juga bisa ditemukan di bagian rambut kepala manusia karena adanya kutu ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada manusia atau juga rasa gatal-gatal di bagian kepala.

keuntungan yang didapatkan kutu adalah punya tempat tinggal ditambah makanan di kepala manusia atau di rambut sedangkan kerugiannya manusia yaitu gatal-gatal.


Simbiosis alang-alang dengan tumbuhan produksi


simbiosis parasitisme yang selanjutnya yaitu dari tumbuhan alang-alang dengan tumbuhan produksi alang-alang adalah gulma dalam tanaman produksi.akan tetapi tahun dari alang-alang bisa merugikan pada fasilitas produksi.

keuntungan yang didapatkan dari alang-alang bisa menerima mineral sinar matahari dan air.sedangkan dari fasilitas produksi tidak punya air dan mineral karena itu dirusak oleh senyawa yang ada di alang-alang yang beracun.

Ciri khusus kelelawar vampir dengan mamalia


Kelelawar vampir kelelawar yang sering menghisap darah hewan  lain seperti mamalia yang ditemukan. Karena inilah simbiosis antara kelelawar vampir dengan hewan mamalia adalah parasitisme.

Keuntungan sepenuhnya didapatkan dari kelelawar vampir karena mendapatkan makanan sedangkan hanya kerugian yang didapatkan hewan mamalia dikarenakan digigit kelelawar.

Simbiosis keong mas dengan padi


simbiosis yang terjadi antara tumbuhan padi dengan keong mas adalah simbiosis parasitisme yang mas akan jadi parasit bagi tanaman padi yang baru ditanam.

Keong emas akan makan padi muda dari bagian batangnya sebagai makanan.terangkan tanaman padi akan mati dikarenakan telah dimakan keong emas.

Baca Juga : 7 Macam Contoh Hewan Amfibi

Penutup

sekian artikel saya kali ini semoga dengan membaca artikel saya kali ini bisa menambah wawasan teman-teman semua terima kasih telah membaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar