--> Skip to main content
×

7 Macam Contoh Hewan Amfibi Ciri Ciri dan Pengertiannya

7 Macam Contoh Hewan Amfibi Ciri Ciri dan Pengertiannya 


Hewan amfibi


Apa itu amfibi mungkin yang ada dipikiran teman-teman semua berhubungan dengan salah satu hewan yang namanya katak, memang benar teman-teman semua.Amfibi sendiri adalah hewan yang biasanya bisa hidup di dua alam atau bisa diartikan di air dan di darat.perlu teman diketahui hewan amfibi tidak hanya kata saja ada banyak sekali jenis hewan amfibi di dunia ini ternyata.


Kali ini akan saya beri beberapa penjelasan tentang apa saja hewan amfibi pengertiannya ordo serta contoh dan ciri-cirinya.


Pengertian Hewan Amfibi



Hewan amfibi

Amfibi sendiri adalah golongan hewan yang memiliki kelembaban kulit cukup tinggi tidak tertutupi oleh rambut hewan amfibi ini bisa hidup di air dan di darat. Biasanya secara umum kata amphibia asal dari Yunani, bios artinya hidup.


Amphibia atau hewan amfibi punya siklus hidup di air dan ada juga siklus hidup yang kedua di darat.ketika tahap pertama masih menjadi fase berudu hewan amfibi yang hidup di air bernafas bisa menggunakan insang dan dalam geraknya menggunakan ekor yang masih kecil. Serta di darat bernafasnya menggunakan paru-paru alat geraknya yaitu kaki. Dalam pergantian pernapasan amphibia di tandai dengan adanya peralihan siklus.


Jenis anura biasanya tidak ditemukan jenis leher untuk mekanisme adaptasi dalam hidup di liang dan gerak dengan melompat. Jenis hewan ini punyaku jarak mata dan air mata yang berkembang baik.


Hewan ini ternyata memiliki membran nicitinas di matanya yang biasanya untuk melindungi mata dari debu.kondisi-kondisi yang bisa menyebabkan mata merusak sistem saraf hewan amfibi sendiri dimodifikasi seiring dalam perubahan hidup.


Otak hewan amfibi sendiri biasanya lebih besar dan terbagi dengan sempurna ketika tahap dewasa pula akan ada kelenjar Ludah yang dapat menghasilkan bahan perekat atau pelembab.


Meski hal itu tidak semuanya jenis hewan amfibi ini melewati siklus dalam kehidupan di darat dan di air. Ada juga hewan amfibi yang tinggal di perairan dan tidak bisa menjadi dewasa atau kurangnya tetap contohnya seperti plethodontodae.


Sepanjang hidup dari hewan ini akan selalu berada di fase berudu dan nafasnya hanya menggunakan insang serta dalam perkembangbiakannya yaitu dengan cara neotoni.


Ciri-ciri Hewan Amfibi



Hewan amfibi


Sebelum saya masuk ke contohnya akan saya berikan ciri-ciri yang ada dari hewan amfibi karena setiap Hewan selalu memiliki ciri-ciri yang ada di tubuhnya.


1. Hewan amfibi punya respirasi yang terpisah antara paru-paru kulit dan insan yang terkombinasi di dalamnya

2. Amfibi adalah hewan yang berdarah dingin

3. Hewan amfibi biasanya mempunyai telur dan dalam meletakkan telur di air dan di bumi secara eksternal

4. Hewan amfibi punya kulit yang kasar atau halus kulitnya terdapat lendir yang beracun untuk melindungi tubuh

5. Hewan ini peredaran darahnya tertutup.

6. Hewan ini memiliki 3 ruangan yang ada pada jantung.


Ordo Hewan Amfibi


Sebenernya amphibi itu bukan hanya dari hewan katak saja.tetapi ada spesies lain yang bisa masuk dalam kelas amfibi dan itu terbagi menjadi tiga yaitu caudata anura dan gymnohiona.


Ordo caudata


Caudata berasal dari bahasa  latin yang memiliki arti ekor. Spesial ordo ini semuanya punya ekor. hewan yang masuk dalam ordo caudata hampir memiliki ekor yang panjangnya sama dengan tubuh bahkan juga ada spesies yang memiliki ekor lebih panjang pada tubuhnya.



Ekor yang dimiliki ordo ini fungsinya untuk membantu berenang dengan berbeda dengan ordo anura.caudata punya kaki yang fungsinya untuk berjalan dan kakinya berjumlah 4.


Ordo anura


Hanura yang artinya tidak punya ekor.di spesies ini ciri-ciri umumnya yaitu tidak punya ekor dan untuk diri lainnya dari orde ini yaitu kepalanya menyatu dengan badan sehingga orde ini tidak mempunyai yang namanya leher.


Spesies dari ordo ini punya kaki yang panjang dan besar berfungsi untuk memanjat dan melompat dan pembuahannya dilakukan di luar tubuh sang induk.


Ordo gymnophiona


Spesies dari ordo ini memiliki bentuk memanjang seperti cacing dan bisa ditemukan di Afrika Asia Selatan. Bentuk dari ordo ini berbeda dengan jenis amfibia biasanya.


Sesilia biasanya kelangsungan hidupnya tinggal di bawah tanah serta punya kerangka yang kuat sehingga mampu dalam menggali jauh dalam tanah.


Contoh hewan amfibi


Sedikit dari penjelasan di atas tentang pengertian hewan amfibi ciri-ciri dan ditambah lagi dengan ordonya untuk memahami lagi agar teman-teman bisa paham berikut adalah contoh-contoh apa saja hewan amfibi.


Katak sawah


Katak sawah memiliki ukuran tubuh kecil dibandingkan dengan kodok. Katak mudah ditemukan di sawah yang airnya menggenang.


Kata sendiri punya bentuk kaki berselaput untuk memudahkan berenang. Kulit katak sawah berbeda dengan kulit kodok. Katak ini mempunyai kulit yang licin dan warnanya tidak mencolok atau warna gelap.


Katak sawah makan serangga serangga kecil yang terletak di sawah. Katak ini memiliki kaki belakang yang lebih panjang dibandingkan dengan kaki depan.


Kodok


Kodok adalah hewan amfibi yang sangat sekali mudah untuk ditemukan. Hewan ini biasanya hidup di rawa atau sungai.


Kodok mempunyai kaki yang berselaput ditambah dengan kaki berkuku. Serta permukaan kulit kodok begitu kasar. Untuk kaki kodok lebih panjang dibelakang daripada yang depan karena fungsinya untuk melompat.


Kodok memiliki warna yang gelap biasa hidup di permukaan, untuk ukuran dari kecebong kodok itu sendiri memiliki ukuran lebih besar dari kecebong katak jika dibandingkan.


Salamander


Salamander adalah spesies dari ordo caudata bentuknya hampir mirip dengan cicak. Jika dilihat dari tubuh salamander yang telah terputus.


Hewan amfibi ini habitatnya atau tempat tinggalnya di rawa-rawa salamander dalam hidupnya menghabiskan waktu yang lebih besar di tempat yang berair.


Katak pohon


Katak pohon memiliki tubuh yang kecil hari katak biasanya. Ada yang menarik dari hewan katak pohon ini itu warnanya sangat mencolok biasanya berwarna merah kuning atau hijau.katak ini ada racunn untuk melindungi dirinya.


Katak pohon akan memangsa makanan yang berupa serangga serangga kecil dengan menjulurkan lidahnya. Katak pohon terdapat kaki yang kecil dan di bagian kakinya di lengkapi dengan bantalan hal ini dikarenakan untuk membantu melompat dari pohon ke pohon lainnya.


Sesilia 


Sesilia adalah hewan amfipi yang masuk di ordo gymnophiona. Hewan ini sangat langka dan tidak mudah ditemukan.


Sama dengan hewan amfibi seperti biasanya hewan ini hidup di habitatnya daerah yang lembab.untuk tubuh Cecilia sendiri panjang menyerupai ular namun dengan ukuran yang lebih kecil.


Sesilia bisa disebut dengan julukan pulau dewata oleh sebagian dari orang Jawa. Banyak orang menganggap sesilia adalah anak ular karena tubuhnya hampir sama kecilnya dengan anakan ular.


Cuman mudpuppy


Hewan ini adalah hewan amfibi yang habitatnya biasa tinggal di Amerika serikat.hewan ini ditemukan di negara Kanada yang di sana terdapat daerah yang lembab yang menjadi tempat khas amfibi.


Hewan ini bisa bertahan hidup mencapai sekitar 19 sampai 20 tahun dengan memakan daging serangga dan lain-lain.


Neuseriver waterdog


Hewan amfibi ini memiliki bentuk hampir mirip dengan hewan kadal biasanya ditemukan di Utara Carolina. Hewan ini berukuran sekitar 17 cm sampai 28 serta terdapat permukaan kulit yang halus dan bercorak.


Penutup

Berikut penjelasan yang bisa saya berikan tentang pengertian ciri-ciri ditambah dengan ordo dan contoh hewan amfibi semoga dengan ini bisa membantu teman-teman semuanya dan menambah pengetahuan kalian semua terima kasih telah membaca.






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar