--> Skip to main content
×

7 Contoh Hewan Reptil Ciri-ciri Ordo dan Pengertiannya Lengkap

7 Contoh Hewan Reptil Ciri-ciri Ordo dan Pengertiannya Lengkap


7 Contoh Hewan Reptil Ciri-ciri Ordo dan Pengertiannya Lengkap


Ada banyak sekali hewan yang sudah teman-teman semua ketahui, antara lain adalah hewan reptil. Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang apa saja hewan reptil.Ditambah ciri-ciri dari hewan reptil serta akan saya beri contohhewan reptil untuk mempermudah teman-teman semua dalam memahami.


Jika kalian masih kurang mengerti apa itu hewan reptil ciri-cirinya jelaskan membaca artikel saya kali ini.


Pengertian Hewan Reptil


Mungkin sebagian dari teman-teman bertanya apa saja sih hewan reptil ? Atau apa sih hewan reptil ? Secara singkat hewan reptil adalah hewan yang berjalannya merayap atau melata.


Istilah dari reptil diambil dari kata 'reptans"

Yang artinya merayap untuk pengertiannya secara umum reptil yaitu hewan berdarah dingin dan dia memiliki sisik yang menutupi bagian tubuh.


Reptil adalah hewan yang memiliki empat tungkai serta menghasilkan telur yang embrio nya sendiri diselubungi oleh membran amniotik.


Ciri-ciri Hewan Reptil



7 Contoh Hewan Reptil Ciri-ciri Ordo dan Pengertiannya Lengkap


Dari keterangan diatas sudah saya berikan secara singkat pengertian apa itu hewan reptil selanjutnya masuk dalam ciri-ciri hewan reptil :


Reptil Memiliki Sisik


Sisik reptil yang berupa lempengan keras terbuat dari keratin. Scute adalah cangkang yang mirip dengan sisik miliki oleh kura-kura dan kulit buaya.


Scute berbeda dengan scales, scute sendiri itu tulang yang berkembang di tingkat kulit yang lebih dalam dari pada sisik.tetapi baik fisik ataupun Scott sama-sama memberikan perlindungan bagi hewan agar tidak kehilangan air melalui pori-pori kulit.


Reptil Berdarah Dingin


Semua jenis reptil rata-rata mempunyai sifat berdarah dingin apa itu berdarah dingin dingin artinya tidak dapat mengontrol suhu tubuh. Jenis hewan berdarah dingin harus bisa bekerja dengan lingkungan yang ditempati untuk bisa menurunkan atau meningkatkan suhu tubuh mereka.


Ketika ingin meningkatkan suhu badan mereka bisa berjemur , berjemur adalah upaya untuk meningkatkan suhu. Hal ini juga bisa meningkatkan kecepatan dalam bergerak ketika suhu tubuh hangat.


Kebanyakan Reptil adalah ovipar


Sebagian dari reptil termasuk dalam golongan hewan yang bertelur hewan. Ovipar adalah sistem Perkembangbiakan yang dilakukan dengan bertelur. Akan tetapi ada juga reptil yang bisa berkembang biak dengan cara yang lain selain bertelur.


Ordo Hewan Reptil



7 Contoh Hewan Reptil Ciri-ciri Ordo dan Pengertiannya Lengkap


Reptil adalah spesies hewan yang mempunyai 4 tungkai dengan berjalan merayap dan juga telurnya diselubungi suatu membran namanya amniotik.


Hewan reptil sendiri dibagi menjadi beberapa ordo totalnya ada 4 ordo hewan reptil :


Ordo Squamata


Ordo squamata adalah kelompok yang terdiri dari macam jenis seperti ular dan kadal.Hewan ini masuk dalam ordo ini dibedakan dari kulit.


Sampai sekarang spesies ini diperkirakan sudah mencapai 8000 spesies yang sekarang tersebar luas sampai seluruh dunia.


Ordo Sphenodontia


Di dalam klasifikasi ordo ini hewannya sama dengan kata yang mencakup satu spesies ordo ini terletak di Selandia baru.


Pada klasifikasi ordo ini ada dua jenis yaitu tuatara dan Rtynchocephalia.


Ordo Crocodile


Lamborghini atau reptil yang memiliki bentuk tubuh yang besar.dari unsur ini telah muncul sekitar 83 juta tahun yang lalu saat periode cretaceous akhir.


Jenis hewan yang tergabung dari ordo ini ialah kerabat terdekat burung. Bisa diperkirakan dari spesies hewan ini sekitar 20 sampai 23 spesies.


Ordo Testudinata


Yang paling akhir adalah ordo yang berasal dari bangsa kura-kuramengambil dari penelitian yang sudah dilakukan hewan ini memiliki banyak spesies 300 spesies kura-kura yang sudah menyebar di seluruh dunia.


Contoh Hewan Reptil


Setelah pengertian dan ordo apa saja hewan reptil sekarang akan saya berikan sedikit apa saja contoh hewan reptil agar teman-teman semua bisa lebih paham tentang hewan reptil.


Penyu Hijau


Penyu hijau adalah hewan yang masuk reptil sekarang ini diburu untuk dijadikan cendera mata. Penyu hijau hidup secara kelompok cara hidupnya berpindah-pindah seumur hidupnya.


Ada sekitar 80 negara di dunia ini yang menjadi tempat singgah bagi penyu hijau.yang akan mereka jadikan sebagai tempat berkembang biak dan bertelur Indonesia menjadi salah satu dari daftar negara yang didatangi penyu hijau.


Ada banyak perburuan penyu hijau yang dilakukan para nelayan di Indonesia ini dijual dan juga bisa dikonsumsi. Hewan reptil ini keberadaannya semakin sedikit karena semakin sedikit keberadaannya menjadi dilindungi agar menjaga populasi.


Buaya Muara


Contoh dari hewan reptil selanjutnya adalah buaya muara. Buaya ini banyak sekali ditemukan di Indonesia jenis ini adalah buaya yang memiliki bobot paling berat diantara buaya yang lain atau buaya yang terbesar.


Buaya muara sendiri bisa juga dikatakan buah yang paling panjang. Buaya muara memiliki penyebaran paling luas jika dibandingkan buaya-buaya yang lain dengan jenis yang berbeda.


Buaya muara bisa kita temukan di negara Indonesia, Srilanka Australia Bangladesh

Untuk negara yang paling banyak buaya muara adalah Australia.


Buaya Siam


Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli buaya ini asalnya dari Siam. Bu ini juga bisa ditemukan di Thailand ,Vietnam ,Malaysia ,Indonesia Laos.


Ternyata di negara kita sendiri juga terdapat buaya jenis ini yang bisa ditemukan di Kalimantan dan pulau jawa untuk habitat aslinya adalah sungai buaya ini suka makan burung atau angsa ataupun ikan.


Buaya irian


Pulau irian adalah buaya yang bisa ditemukan di negara Papua Nugini atau di pulau irian.


Buaya irian mempunyai ciri khas tersendiri yaitu warnanya gelap serta tubuhnya kecil jika dibandingkan dengan buaya terbesar yaitu buaya muara. Serta lonceng dari buaya irian meruncing jika dibandingkan dengan buaya muara.


Komodo


Contoh dari hewan reptil selanjutnya yaitu komodo siapa sih yang tidak mengenal komodo hewan ini ada hewan yang masuk daftar keajaiban di dunia yang berasal dari Indonesia.


Komodo sering disebut dengan comodo dragon.kadal raksasa ini sangat dijaga kelestariannya oleh pemerintah karena komodo adalah hewan reptil yang sangat langka.


Komodo bertempat tinggal di pulau komodo. Meskipun ini hewan ganas tetapi masyarakat sangat bisa menghormati hewan ini. Masyarakat memperlakukan komodo sama hanya seperti binatang ternak berkeliaran di halaman rumah.


Spesies dari komodo sekitar 4 juta tahun lalu cukup lama kan teman. Serta ukuran jantan komodo yang sudah dewasa bisa mencapai 3 m dan beratnya hingga 79 kg. Kan nanya ukuran betina mencapai 2 M beratnya sampai 39 kg.


Iguana


Iguana sendiri adalah hewan reptil yang mempunyai kemampuan khusus yaitu berkamuflase. Iguana adalah yang bisa meniru warna di sekitar lingkungannya.


Iguana dalam perkembang biak bisa di daerah tropis seperti Amerika Selatan, kepulauan Karibia serta Amerika tengah.


Ciri yang dimiliki oleh guana bisa dilihat dari punggungnya yang bersisik serta berjajar lurus dari kepala sampai ekor. Selain itu iguana terdapat glambir yang ada di bawah lehernya.


Bunglon


Bunglon adalah hewan yang bisa berkamuflase sama dengan iguana kemampuannya bunglon menjadi senjata untuk bisa memburu serangga.


Selain dari berkamuflase bunglon bisa merubah warnanya sesuai suasana hatinya misalnya ketika bunglon itu terancam oleh predator lain biasanya warnanya berubah menjadi hitam atau coklat.


Bunglon sendiri juga mempunyai kemampuan khusus untuk bisa memutar matanya sampai 360 derajat.ketua bola mata bunglon bekerja secara terpisah tujuannya yaitu untuk mempermudah bunga dalam memburu serangga.


Penutup


Sedikit informasi yang saya ketahui tentang apa saja itu hewan reptil pengertian serta ortunya semoga dengan membaca artikel saya kali ini bisa menambah wawasan teman-teman semua terima kasih telah membaca.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar