--> Skip to main content
×

Mengenal Gerak-gerak Tumbuhan secara Menyeluruh


Mengenal Gerak-gerak Tumbuhan secara Menyeluruh


Jika bicara tentang sistem yang ada pada tumbuhan yaitu sistem gerak. Apakah teman mengerti tadi pengertian itu sendiri? Mungkindalam kegiatan ini bisa sering kita lihat setiap hari karena adalah salah satu ciri khas paling utama dari makhluk hidup adalah gerak.

Kera yang ada pada tumbuhan ada dua macam yaitu gerak pasif dan aktif untuk gerak yang dimiliki oleh manusia adalah gerak aktif sedangkan pada tumbuhan masuk dalam gerak pasif.

Lengkapnya mari kita simak artikel di bawah ini tentang gerak pada tumbuhan masuk saja langsung ke pembahasan utama kita hari ini.

Pengertian Gerak pada Tumbuhan


Aktivitas bergerak adalah ciri khas yang dimiliki oleh setiap dari makhluk hidup tumbuhan pasti juga punya sistem gerak lo teman. Kalian pernah kan mempelajari tentang sistem gerak yang ada pada tumbuhan?

Aktivitas bergerak seperti seorang manusia yang berpindah tempat bisa disebut dengan gerak aktif.akan tetapi perlu kita ketahui bahwa tidak semua gara itu berpindah tempat atau juga gerak tertentu yang geraknya disebut dengan gerak pasif.

Oleh berbagai jenis tumbuhan pada dasarnya sendiri Tumbuhan melakukan suatu gerakan karena adanya proses kepekaan terhadap rangsang atau iritabilitas sendiri yang dimiliki oleh tanaman.

Sebagai tanggapan dari rangsangan gerak tumbuhan tadi maka selanjutnya tumbuhan akan melakukan gerakan yang pastinya menuju ke sumber rangsangan atau bisa malah menjauhi sumber rangsangan tersebut.

Jadi teman semua arti dari sistem gerak pada tanaman sama aslinya sama dengan gerak manusia sebagai salah satu ciri khas dari makhluk hidup sendiri hanya saja tumbuhan geraknya dilakukan secara pasif bukan seperti manusia yang gerakannya sangat terlihat jelas oleh mata.


Macam-Macam Gerak yang ada pada Tumbuhan


Sistem yang ada pada tumbuhan dalam sistem gerak Secara garis besarnya ada dua yaitu gerak etionom dan gerak endonom akan tetapi dari garis besar gerakan ini dibagi lagi beberapa pembagian langsung saja.

Gerak Endonom


Gerak endonom yaitu gerak yang terjadi pada tumbuhan ketika tumbuhan tersebut tidak dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam atau tumbuhan.

Itu sendiri Bisa pula juga dikatakan gerak pada tanaman ini diakibatkan dari simulasi dan pengaruh oleh tanaman tersebut.

Gerak endonom ini lagi dibagi jadi dua gerak higroskopis dan gerak nutasi untuk menjelaskannya di bawah ini

Gerak Nutasi


Gerak nutasi adalah gerakan pada tanaman yang terjadi ketika spontan dikarenakan adanya rangsangan dari luar.

Contohnya dari pergerakan unsur hara termasuk pula gerakan aliran sitoplasma yang ada dalam tanaman air yang biasa dinamakan hydrillia verticillata.

Gerak Higroskopis


Gerak higroskopis adalah gerakan yang disebabkan oleh berubahnya kadar air.contoh gerakan yang masuk dalam mikroskopis adalah pecahnya kacang polong.

Gerak Etionom


Gerak esionom adalah suatu gerakan yang terjadi ketika rangsangannya berasal dari luar tanaman tersebut gerakan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti air cahaya gravitasi suhu udara serta zat kimia dan masih banyak lagi.

Dibagi lagi menjadi beberapa bagian :


Gerak Tropisme


Gerak tropisme adalah gerakan aktivitas pada tanaman yang arah geraknya dipengaruhi oleh datangnya rangsangan. Gerak tropisme dibagi lagi ada beberapa antara lain

Geotropisme


Gerakan ini dipengaruhi oleh datangnya gravitasi bumi tropisme ada dua macam yaitu ada geotropisme negatif dan geotropisme yang positif

Geotropisme positif gerakannya menuju ke bawah dan ke dalam tanah untuk geotropisme negatif gerakannya menuju ke atas


Gerak Nasti


Gerakan ini adalah gerakan yang terjadi pada tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh rangsangan gerak ini ada beberapa macam pula

Fotonasti


Gerakan ini adalah gerakannya dipengaruhi oleh datangnya rangsangan cahaya contohnya seperti bunga pukul sembilan dan bunga pukul empat yang mekar ketika mendapat sinar matahari.


Termonasti


Gerakan ini adalah gerakan yang bisa terjadi karena rangsangan suhu misalnya terjadi pada bunga tulip ketika datang musim semi.


Gerak Taksis


Gerakan taksis adalah gerakan yang terjadi pada semua tumbuhan dikarenakan adanya rangsang sama halnya dengan gerak pada penjelasan di atas gerak taksis ini pula dibagi beberapa macam

Fototaksis


Gerakan ini adalah gerakan ke seluruh jaringan tubuh tumbuhan yang terjadi dikarenakan rangsangan cahaya seperti contoh gerakan yang selalu dekat cahaya

Kemotaksis


Buatlah gerakan yang terjadi karena adanya rangsangan zat kimia seperti pada spermatozoid lumut lumutan yang bergerak dikarenakan tertarik oleh suatu zat gula dan protein.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar