--> Skip to main content
×

Daur Hidup Katak + Manfaat Katak Bagi Manusia



Daur hidup katak katak adalah salah satu hewan amfibi yaitu hewan yang bisa tinggal di dua alam di darat serta di air.Kata atau kodok sangat mudah ditemukan di Indonesia ini tetapi ternyata kodok dan katak itu punya perbedaan masing-masing.

Kata memiliki kulit yang licin dan punya warna yang sangat beraneka ragam merah coklat kuning hijau. Sedangkan untuk kodok hanya punya warna yang kasar serta ada bintik-bintik di tubuhnya.

Kata sendiri bisa ditemukan di persawahan yang memiliki suhu panas serta lembab. Namun bagaimana sih siklus daur hidup katak?kalau teman masih belum tahu maka artikel ini akan membahas tentang hal tersebut.


Fase Daur Hidup Katak


Kata atau kodok mengalami daur hidup yang unik contohnya yang sudah saya katakan di atas bahwa katak adalah hewan yang dapat tinggal di dua alam di darat ataupun di air ketika kata itu telah menjadi katak dewasa.

Tetapi kalau terjadi perkawinan hingga proses bertelur dalam kata akan biasa dilakukan di dalam air. Saat bertelur katak bisa menghasilkan telur hingga 5.000 sampai 20.000 telur dalam sekali bertelur.

Telur yang dikeluarkan oleh induk kata akan ditampilkan dalam air atau di pohon bagi kata itu hidup di hutan untuk lebih detailnya akan berikut adalah penjelasan tentang siklus daur hidup katak.

Fase Telur


Proses yang pertama dalam siklus hidup katak yaitu perkawinan antara dua kata yang nantinya akan menjadi telur katak dapat menghasilkan telur dalam jumlah mencapai perubahan tetapi tidak semuanya bisa menetas.

Hal ini ini dikarenakan oleh faktor lain yaitu internal dan eksternal yang itu terjadi pada telur. Jika kedua faktor itu mendukung maka bisa dikatakan telur katak akan menetas dalam jumlah yang sangat banyak.

Untuk pengaruh dari faktor internal yaitu gen dari induk katak.jika induk punya game yang bagus maka nantinya telur juga akan bagus serta tidak akan mudah rusak. Tekstur telur katak sendiri yaitu kenyal dan sangat mudah sekali rusak.

Ternyata bagian dalam telur katak juga ada semacam kuning telur yang nantinya berfungsi untuk sumber makanan bagi kata yang ada dalam telur.

Sedangkan faktor yang eksternal yaitu arus air atau predator pemangsa telur katak serta aktivitas yang dilakukan manusia. Oleh sebab itu air tempat yang paling cocok dalam mengembangbiakan telur kata agar nantinya bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan telur katak.

Akan tetapi katak yang hidup di pohon telurnya punya cangkang yang bisa berguna dalam melindungi telur dari panas sedangkan untuk jenis katak yang hidup biasanya di hutan akan meletakkan telur di punggung katak yang jantan.

Kata yang jantan tadi akan selalu melindungi telur dari berbagai ancaman telurnya nanti akan jadi larva ketika sudah mencapai usia 21 hari.

Kodok Kecebong


Setelah telur katak yang tadi menetas akan
Dan katak masuk usia cebong atau berudu kurang dari 6 hari kecebong ini masih lemah dan organ tubuhnya juga belum sempurna hingga nanti mereka mencapai usia 8 sampai 10 hari.barulah nantinya kecebong punya organ tubuh yang bisa dikatakan sempurna dan dapat mereka akan cari makan sendiri yaitu alga.

Ketika sudah mencapai dalam usia ini kecebong dapat bernapas menggunakan insang nya.insang yang ada pada kecebong tertutup kulit dan masuk dalam tubuh sehingga nantinya kalau sudah masuk dalam katak muda bisa bernafas juga menggunakan paru-paru.

Pada tahap ini dari hidup katak paling penting serta yang paling lirik karena tahap ini pula mulai terbentuk gigi-gigi tipis katak kecil.

Ketika sudah masuk dalam usia 6 Minggu sudah mulai katak tersebut menunjukkan di dirinya yang asli ditukar dengan sudah ada 2 kaki kaki yang ada di depan dan mata kaki yang ada di belakang dengan ukurannya panjang.

Fase ini pula kecebong tadi akan masuk kedalam tahap selanjutnya yaitu tahap katak muda dan katak muda kata akan bisa makan serangga tetapi yang serangga yang sudah mati serta masuk di dalam air.

Fase Katak Muda


Setelah melewati fase kecebong dari hidup katak yang selanjutnya akan masuk dalam fase katak yang sudah berusia 12 minggu atau katak muda.pada masa ini pula katak yang masih muda masih memiliki ekor dari sisa kecebong tetapi ekornya sangat pendek dan mungkin tidak terlihat.

Katak muda sudah bisa bernafas dengan menggunakan paru-paru sebagai pernafasan permanen ketika katak muda juga mulai hidup di daratan dia bisa menyesuaikan dirinya dengan makanan serangga baik yang mati atau yang masih hidup serangga nya.

Proses penyesuaian atau adaptasi dilakukan kata agar Nanti kalau sudah jadi dewasa bisa mandiri dan menghindari predator yang mau makan dirinya.

Fase Katak Dewasa


Pada fase dari daur hidup katak yang terakhir adalah kata akan menjadi dewasa yang usianya 16 minggu pada masa ini pula kata sudah punya bentuk tubuh yang sempurna serta menjadi sang predator untuk serangga kecil yang ada di sekitar adaptasi katak.

Katak yang sudah dewasa menghabiskan waktunya nya di darat dan nanti akan kembali di air jika sudah siap untuk melakukan perkembangbiakan.peta tor yang juga mengancam telur katak yaitu seperti ikan belut biawak hewan besar lainnya.

Baca Juga : 8 Contoh Simbiosis Komensalisme


Manfaat Katak Bagi Kehidupan Manusia


Katak merupakan makhluk hidup purba yang ada sejak ribuan tahun bahkan katak bisa bertahan hidup di berbagai macam perubahan iklim serta cuaca berikut adalah manfaat katak untuk manusia :

1. Pada waktu ini kata banyak dimanfaatkan untuk dimakan makanan yang terkenal dari kata adalah makanan ini biasa dibuat oleh orang di negara Cina karena rasanya gurih serta enak dan harganya juga cukup murah.

2. Kawasan Jawa timur ada juga yang menggunakan telurnya sebagai pepes meskipun ini tidak dilarang namun ada baiknya untuk tetap menjaga kelestarian dari katak.

3. Katak bisa juga digunakan untuk umpan memancing ikan yang terutama menggunakan kecebong atau kata yang masih kecil.

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar