--> Skip to main content
×

Daur Hidup Kambing Secara Lengkap


Daur Hidup Kambing Secara Lengkap

Daur hidup Kambing - kambing adalah salah satu kelompok hewan yang masuk dalam kelompok mamalia yang paling banyak dibudidayakan oleh manusia untuk diambil banyak manfaat. Setiap hari hewan ini tidak ada yang terbuang kecuali hanya tempat untuk menampung kotoran nya.

Akan tetapi pula kotoran dari kambing juga bisa dimanfaatkan bagi para petani untuk dijadikan pupuk agar berguna dalam menyuburkan tanah. Nah teman apakah belum tahu bagaimana daur hidup kambing langsung simak saja artikel di bawah ini.

Karakteristik Kambing


Hewan mamalia berkaki empat ini adalah bintang dan primadona bagi para peternak dalam bidang peternakan kambing merupakan spesies dari kambing liar dan di domestifikasi atau di penjinakan. Ukuran dari kambing tubuhnya cukup besar tidak sebesar sapi sedangkan panjang dan ukurannya tergantung pada setiap jenis kambing.

Bisa dilihat jelas pada kambibg dewasa bentuk dahi nya cembung punya tanduk ekor yang menjulang ke atas serta rambutnya kambing juga kasar kambing punya bentuk pupil yang mendatar serta sipit.

Sebagian jenis kambing ada yang memiliki gelambir yang panjang terdapat pada bagian lehernya saat itu pula suaranya adalah salah satu ciri khas tersendiri dari hewan ini.

Dalam sistem pengelompokan hewan selain bisa memperlihatkan ciri hewan yang bertelur Brata kambing pula masuk dalam kelompok hewan yang namanya mamalia herbivora hewan menyusui yang memakan rumput. Kambing punya perut terbagi atas empat bagian yang berguna nya untuk membantu pencernaannya agar lebih efisien.

Sedangkan untuk anakan kambing yang baru lahir sistem pencernaannya berupa yang namanya monogastrik atau bersatu sama dengan hewan lain yang baru lahir.

Dalam penggolongan kambing sendiri bisa dilihat dari kukunya yang biasanya genap atau disebut dengan arti Dila perkembangan generatif pada kambing memunculkan ciri-ciri mamalia yaitu berupa bisa melahirkan dan menyusui.

Tahapan Daur Hidup Kambing


Setelah teman-teman mengetahui karakteristik dari kambing maka selanjutnya yaitu masuk dalam bagaimana sih daur hidup kambing itu simak langsung yang ada di bawah.

Fase Anak Kambing


Tahap pertama dari siklus ini yaitu anakan kambing akan tetapi dalam anakan kambing tidaklah semuanya sama soalnya tergantung dari jenis.

Misalnya dari kambing etawa yang punya berat badan 3,3 kilo sedangkan untuk kambing yang biasa saja punya berat 1,3 kilo.sama pula dan seperti pula dengan makhluk hidup yang lain anak kambing telah masa untuk bertumbuh tergantung pada induk.

Dalam sistem pencernaan bagian dan kambing belum sempurna seutuhnya oleh karena itu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bagian dan kambing biasanya diperoleh dari sang induk untuk menyusui.

Fase Menyusui


Kambing tadi sudah melewati fase yang pertama maka yang selanjutnya yaitu kambing akan masuk dalam fase menyusui. Susu pertama yang dikeluarkan dari induk dinamakan kolostrum rusuh ini punya banyak khasiat bisa digunakan untuk antibodi untuk anak kambing agar tetap sehat.

Induk sendiri akan menyusui anaknya berusia sampai lima hingga enam bulan cukup lama.selain itu pula anak kambing yang umurnya kurang dari 1 tahun hanya punya gigi yang belum sempet penuhnya permanen.

Akan tetapi rasa yang kedua ini anakan kambing sudah bisa mengunyah makanan sendiri dan bisa merangsang perkembangan rumen. Pada fase yang kedua ini pula indukan kambing akan diperas dan diambil susunya oleh peternak sebab dan banyak orang yang sudah tahu bahwa susu kambing punya banyak manfaat dan khasiat.

Fase Kambing Dewasa


Kambing sudah bisa masuk dalam fase dewasa pada fase ini anakan kambing tadi sudah tidak lagi menyusui dan minta susu kepada induknya yang bisa dikatakan sudah masuk dalam fase dewasa

Pada fase ini biasanya kambing akan mencoba dan berbaur di lingkungan sekitar serta iya ya akan mencoba berinteraksi dengan kambing-kambing lain untuk dan dapat mencari status sosial.

Akan tetapi ada banyak spesies kambing liar yang biasanya hidup menyendiri dalam habitat. Kambing betina akan memimpin kelompok yang biasanya terdiri dari 6 sampai 21 ekor kambing. Bangunkan tugas dari santan akan bertugas untuk melindungi kelompok betina.

Fase Birahi


Celah kambing masuk dalam fase dewasa maka selanjutnya kambing masuk dalam fase birahi.kirain sendiri biasanya adalah tanda bahwa siapnya mental kambing untuk berkembang biak.

Untuk jenis kambing betina serta jantan akan memperlihatkan perilaku dalam keinginan atau tanda-tanda bagi lawan jenis untuk melakukan yang namanya perkembangbiakan

Biasanya pada kambing betina sering menggerak-gerakan ekornya agar dilihat kambing jantan.sedangkan paginya kami jantan akan mengeluarkan kelenjar baru yang ada ada di atas kepalanya atau biasa disebut dengan tanduk untuk menarik perhatian kambing betina.

Fase Perkawinan


Setelah kambing menunjukkan perilaku dan siap untuk dikawinkan maka kami jantan atau kau ke Balinya kambing betina akan masuk dalam bahasa perkawinan yang biasa disebut dengan estrus. Yesus sendiri terjadi sebuah ovulasi pada kambing betina.

Hewan kambing ini masuk dalam polisi terus yaitu Herman yang mampu beberapa kali melakukan fase birahi dalam jangka waktu 1 tahun. Sehingga kambing bisa melakukan perkawinan beberapa kali dalam 1 tahun.

Masa Kehamilan


Tahapan yang ke-6 dari daur hidup kambing yaitu kambing akan mengalami hamil fase ini terjadi di biasanya bagi kambing ternak.dalam kehamilan kambing biasanya memakan waktu 160 hari sedangkan kambing liar masa Mila bisa mencapai cukup lama 170 hari jika masuk ke masa kehamilan.

Fase Melahirkan


Tahapan yang terakhir dari dari itu bambing yaitu kambing nanti bisa melahirkan dengan biasanya melahirkan anak satu sampai dua ekor dalam satu kali melahirkan waktu yang dibutuhkan kambing betina dalam melakukan melahirkan anak yaitu 15 menit.

Pada saat kambing melahirkan sang induk akan makan ari-ari dari makanan kambing yang telah dilahirkan dari sang induk.

Hal ini dilakukan karena indo akan mendapatkan nutrisi setelah melahirkan anak kambing dan indukan tadi menjilati rambut anaknya sampai bersih. Perilaku kambing dalam membersihkan atau melihat rambut anak-anak kambing agar tidak mengundang predator pemangsa kambing.

Setelah proses tersebut anak yang dilahirkan tadi untuk pertama kalinya kambing akan belajar berdiri dan minta susu kepada sang induk agar tetap hidup dan berkembang.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar