--> Skip to main content
×

Daur Hidup Capung + Cara Berkembang Biak Capung


Daur Hidup Capung + Cara Berkembang Biak Capung

Daur hidup capung dan siklus kehidupan capung telepon sendiri merupakan jenis serangga purba karena ternyata hidupnya sudah sejak 300 juta tahun yang lalu.

Seperti serangga lainnya le bola Reza atau tubuh capung sendiri terbagi antara tiga bagian yang berupa maka besar dada kepala dengan 4 sayapnya serta ditambah dengan 3 pasang kaki yang ada di perut yang memiliki 10 segmen.

Nah lu teman semua yang ketahui bahwa semua jenis hewan yang ada di dunia ini pasti mengalami yang namanya siklus kehidupan bahkan bisa dikatakan semua makhluk hidup begitu pula yang terjadi pada jenis capung ini mengalami daur hidup.

Capung sendiri atau hewan yang punya metamorfosis tidak sempurna untuk lebih jelasnya langsung saja ke pembahasan yang utama.

Tahapan Daur Hidup Capung


Daur hidup capung masuk dalam daur hidup metamorfosis yang tidak sempurna ini bisa di artikan bahwa perubahannya hanya melalui tiga tahapan tiga tahapan itu adalah fase telur nimfa yang terakhir adalah capung dewasa.

Fase Telur


Siklus dari daur hidup capung yang paling pertama yaitu telur.capung mempunyai telur apabila capung jantan melakukan perkawinan dengan betina.capung jantan berhasil membuahi ovarium capung betina dengan spermatozoa.

Untuk bentuk capung jantan dan betina bisa dibedakan sangat mudah dari melihat ekornya saja. Jenis capung betina mempunyai ciri-ciri ekornya seperti gunting biasanya ada 2 ujung ekor yang lancip. Standar untuk capung jantan hanya punya ekor seperti fountain pen.

Perkawinan capung jika ingin mengetahui maka dapat dilihat ada dua jenis kampung yang berdekatan nah pasti situlah capung sedang melakukan proses perkawinan tersebut untuk menghasilkan telur.

Setelah perkawinan kampung betina dengan jantan bisa dikatakan berhasil maka cabang betina mengandung telur tersebut ketika telur capung sudah siap untuk dikeluarkan dari tubuh capung betina maka biasanya diletakkan telur-telur itu di tempat tumbuh berkembang telur seperti di tumbuhan air.

Fase Nimfa


Setelah masa yang pertama dilewati maka waktu yang ketua masuk dalam fase nimfa. Nimfa tersebut mulai terbentuk ketika telur capung sudah mencapai usia kurang lebih 7 - 14 hari.

Pada fase ini Telur capung tadi bisa menetas dan akan membentuk sebuah  nimfa.tempat yang biasanya digunakan nimfa untuk tempat tinggal adalah di dalam air akan tetapi pula jika tempat hidup di darat maka nimfa bisa melakukan pindah posisi.

Ketinggalan info tadi ada telah mereka bisa bertahan hidup serta cari makan dari hewan lain sebagai makanannya pada fase ini pula maka lainnya yaitu berwudhu yang paling utama makanan nimfa.

Dengan adanya proses makan maka fase ini adalah fase interaksi antar hewan di mana nimfa capung menjadi pemangsa berudu. Kemampuan yang bisa dimiliki nimfa capung dalam mempertahankan hidup.

Fase Capung Dewasa


Teori-teori cupang yang paling akhir adalah berupa capung dewasa atau Capung imago.jenis apung dewasa bisa hidup di alam bebas karena sudah bisa berhasil dalam proses pergantian kulit selama waktu hingga 8 sampai 12 kali proses jadi nimfa.

Selamat malam ini terdapat pergantian kulit dan perubahan yang dialami dari segi bentuk capung mulai dari kecil sampai dewasa.untuk prosesnya bagian kulit capung bisa memakan waktu yang lama sampai 4 Minggu hingga 5 tahun.

Lama waktu yang dibutuhkan dalam pergantian kulit capung itu sendiri bisa di pengaruh dari kondisi lingkungan.

Cara Berkembang Biak Capung


capung insekta atau serangga sebab setelah melakukan perkawinan capung jantan akan ikut dengan capung betina di manapun dan kapanpun perginya.ketika capung betina setelah makan telur maka saat itulah saat yang paling bahaya bagi keselamatan telur capung tadi.

Capung betina bisa berkonsentrasi dan menghasilkan telur capung betina akan kehilangan kewaspadaan terhadap predator seperti burung. Maka kampung jantan akan melindungi dengan cara terbang di atas campung betina.

Apabila telur capung tadi menetas akan menjadi larva capung. Maka capung tadi hidup dan berkembang di perairan hingga mengalami proses metamorfosis jadi nimfa. Kemudian ini fatan keluar dan jadi capung dewasa.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar