--> Skip to main content
×

7 Contoh Simbiosis Parasitisme


7 Contoh Simbiosis Parasitisme

Parasit adalah organisme yang yang mendapat makanannya dari organisme lain sedangkan organisme makanan yang yang akan dicerna dinamakan juga dengan inang.

Secara umum simbiosis parasitisme yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis akan tetapi salah satu pihak nanti dirugikan dan pihak lain akan mendapatkan untungnya.

Bisa diartikan pula bahwa 1 makhluk hidup bermanfaat atau sangat diuntungkan tetapi satu makhluk hidup lain akan dirugikan dari pasangan simbiosisnya. Untuk lebih detailnya berikut akan beri contoh contoh apa saja simbiosis parasitisme.

Simbiosis Manusia dengan Nyamuk


Nyamuk sendiri adalah hewan yang sangat mengganggu manusia nyamuk sering menggigit dan menyedot dari tubuh manusia bahkan pula ada jenis nyamuk tertentu yang bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya seperti demam berdarah atau malaria.

Keuntungan yang didapatkan nyamuk sendiri yaitu mendapatkan darah serta tempat berkembang biak secang kan manusia hanya dirugikan dan terkena serangan nyamuk yang mematikan jika terkena demam berdarah.

Simbiosis Manusia dengan Cacing Tambang


Cacing tambang adalah organisme yang letaknya di usus manusia serta juga cukup berbahaya bagi manusia sendiri hal ini karena cacing tambang menyerap darah dalam tubuh.

Keuntungan hanya akan didapatkan cacing tambang sedangkan manusia dirugikan dan bisa menyebabkan sakit anemia jadi hubungan ini merupakan simbiosis parasitisme.

Simbiosis Manusia dengan Cacing Pita


Apalagi contoh simbiosis parasitisme yaitu manusia dengan cacing pita cacing pita hidup dalam tubuh manusia mendapatkan makanan yang gratis membuat cacing pita dapat sari-sari makanan manusia.

Keuntungan yang didapatkan dari cacing kita yaitu mendapatkan makanan serta tempat tinggal sedangkan manusia cacing pita menjadi di penyebab-penyebab penyakit yang namanya teori taniasis dan sistiserkosis.

Simbiosis Kutu dengan Hewan Lain


Kutu adalah organisme yang tubuhnya kecil makannya dengan cara menghisap darah dari makhluk hidup lain hubungan ini putus dengan karbon sapi kambing anjing adalah contoh parasitisme.

Keuntungan sepenuhnya didapatkan oleh kutu karena mendapat makanan dan tempat berlindung sedangkan hewan lain akan dirugikan akibatnya mendapatkan gatal-gatal.


Simbiosis Kutu dengan Manusia


Kutu yang ada pada manusia banyak ditemukan di rambut dengan adanya kutu di kepala kita maka akan timbul rasa gatal serta tidak nyaman.

Keuntungan yang didapatkan kutu yaitu mendapatkan makanan serta tempat tinggal kerugian yang didapatkan manusia hanyalah gatal-gatal yang disebabkan oleh kutu.


Simbiosis Alang-alang dengan Tumbuhan Produksi


Contoh simbiosis selanjutnya yaitu hubungan alang-alang dengan tumbuhan penghasil alang-alang adalah gulma untuk budaya dari tanaman produksi tetapi alang-alang menye
babkan kerugian di fasilitas produksi.

Keuntungan yang diperoleh dari alang-alang menerima air mineral dan sinar matahari dari produksi sedangkan untuk fasilitas produksi dihukum karena 2 tumbuhan tersebut bersaing dalam air serta mineral dirusak oleh racun yang disebabkan alang-alang.

Simbiosis Klelawar Vampir dengan Hewan Mamalia


Kelelawar yang menghisap darah sering kali menghisap darah dari hewan mamalia sebab hal ini simbiosis kelelawar vampir serta mamalia adalah simbiosis parasitisme.

Keuntungan yang didapatkan dari kelelawar itu mendapatkan makanan sedangkan untuk hewan mamalia yang dihisap darahnya akan mengalami kerugian

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar